PANDE.co.id - Di setiap kampus atau universitas, kegiatan kepanitiaan merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa dan mahasiswi untuk mengembangkan kreativitas mereka.
Namun, dalam proses perekrutan panitia untuk menyelenggarakan acara, seringkali terjadi beberapa kesalahan yang sebaiknya dihindari agar kegiatan tersebut dapat berjalan lebih lancar dan sukses.
Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang sering terjadi.
1. Stereotip Sekretaris
Salah satu kesalahan yang masih sering terjadi adalah pandangan bahwa sekretaris haruslah perempuan.
Ini adalah pandangan yang sudah saatnya ditinggalkan.
Kepanitiaan kampus seharusnya mendorong inklusivitas dan kesetaraan gender.
Pemilihan sekretaris sebaiknya didasarkan pada back up kepemimpinan, keterampilan menulis surat, keahlian melobi, dan dedikasi tinggi, bukan gender.
2. Pengelolaan Dana Yang Tidak Efektif
Kesalahan lain yang sering muncul adalah penggabungan peran bendahara dengan bidang pencarian dana.
Memisahkan tugas ini penting untuk menghindari potensi kesalahan keuangan dan memastikan akuntabilitas yang lebih baik.
Secara umum, bendahara bertugas untuk menerima uang masuk, mengelola keuangan dan membuat laporan pertanggung jawaban dalam urusan keuangan.
Sedangkan untuk pencarian dana, tugas utamanya adalah adalah mencari sponsor acara, atau bisa juga membuat sub-acara kreatif yang dapat mendatangkan uang masuk bagi keperluan acara inti.
Setiap peran memiliki tanggung jawabnya sendiri, dan hal ini perlu ditekankan selama proses kepanitiaan.